Pendidikan Pemilih

AJAK PEMILIH PEMULA MEMILIH DI PULGUB DKI JAKARTA MELEK POLITIK

Muhamad Safri Husaini | Senin, 14 November 2016 - 14:45:01 WIB | dibaca: 523 pembaca

Masih dalam rangkaian pendidikan pemilih, bertempat di Kampung Bahari (kamis, 13/10/2016), KPU Kota Jakarta Utara ajak pelajar se-kecamatan tanjung priok pergunakan hak pilihnya di pilgub DKI Jakarta 2017.

KALI ini, KPU Kota Jakarta Utara mengajak pelajar se-kecamatan tanjung priok untuk menggunakan hak pilihnya di Pilgub DKI Jakarta 2017. Dihadapan para pelajar yang diwakili oleh delapan sekolah yang hadir, Marlina, Anggota KPU Jakarta Utara mengatakan bahwa untuk menjadi pemilih harus memenuhi syarat, salah satunya telah berumur 17 tahun. Untuk itu katanya, KPU Kota Jakarta Utara sengaja mengundang para pelajar se-kecamatan tanjung priok untuk memberikan pengetahuan pemilu sebagai bagian dari pendidikan pemilih dikalangan pelajar dan mahasiswa.

Untuk pelajar yang tergolong sebagai pemilih pemula harus mengetahui pentingnya Pilgub DKI Jakarta dan mengapa mereka harus menggunakan hak pilihnya. Kata Yulis Setiawati, nara sumber lainnya dalam sosialisasi ini, menjelaskan bahwa pelajar harus sudah ‘melek’ politik. Untuk memilih sudah harus bisa menentukan sendiri, jangan hanya atas keinginan orang tua apalagi hanya karena uang. “Jadilah pemilih yang cerdas, cek siapa saja calonnya. Latar belakang calon dan treck record calon,” Ungkapnya.

Dalam acara ini juga disampaikan tahapan-tahapan penting dalam pilgub. Menurut Marlina, pelajar harus mengetahui tahapan yang sedang berlangsung dalam pilgub DKI Jakarta. Sehingga katanya, hasil dari sosialisasi ini juga bisa disampaikan kepada teman-temannya, keluarga atau dilingkungan sekolah masing-masing. Di acara ini dibagikan juga cindra mata kepada peserta yang dikemas dalam bentuk kuis dan pertanyaan dari nara sumber. (Dul)










Komentar Via Website : 1